Tutorial

Cara Menginstal Webmin pada Ubuntu 20.04

UbuntuApacheControl PanelsApplicationsLet's EncryptUbuntu 20.04

Pengantar

Webmin adalah panel kontrol web modern yang memungkinkan Anda untuk mengelola server Linux melalui antarmuka berbasis peramban. Dengan Webmin, Anda dapat mengelola akun pengguna, mengonfigurasi pengaturan DNS, dan mengubah pengaturan untuk paket-paket umum secara langsung ketika sistem sedang berjalan.

Dalam tutorial ini, Anda akan menginstal dan mengonfigurasi Webmin pada server Anda dan mengamankan akses ke antarmuka dengan sertifikat yang valid dari Let’s Encrypt. Kemudian, Anda akan menggunakan Webmin untuk menambah akun pengguna baru, dan memperbarui semua paket pada server Anda dari dasbor.

Prasyarat

Untuk menyelesaikan tutorial ini, Anda akan memerlukan:

Langkah 1 — Menginstal Webmin

Pertama-tama, perbarui indeks paket server jika Anda belum melakukannya baru-baru ini:

  • sudo apt update

Lalu, kita perlu menambah repositori Webmin agar kita dapat menginstal dan memperbarui Webmin dengan menggunakan manajer paket kita. Kita dapat melakukannya dengan menambahkan repositori ke berkas /etc/apt/sources.list.

Buka berkas tersebut di editor pilihan Anda. Di sini, kita akan menggunakan nano:

  • sudo nano /etc/apt/sources.list

Kemudian, tambahkan baris ini ke bagian bawah berkas untuk menambahkan repositori baru:

/etc/apt/sources.list
. . .
deb http://download.webmin.com/download/repository sarge contrib

Simpan berkas dan keluar dari editor. Jika Anda menggunakan nano, lakukan hal itu dengan menekan CTRL + X, Y, lalu ENTER.

Selanjutnya, Anda akan menambahkan kunci PGP dari Webmin sehingga sistem Anda akan memercayai repositori baru. Agar dapat melakukannya, Anda harus menginstal paket gnupg1, yang merupakan alat GNU untuk mengamankan komunikasi dan penyimpanan data.

Setelah itu, unduh kunci PGP dari Webmin dengan wget dan tambahkan itu ke daftar kunci dari sistem Anda:

  • wget -q -O- http://www.webmin.com/jcameron-key.asc | sudo apt-key add

Selanjutnya, perbarui daftar paket kembali agar mencakup repositori Webmin yang kini telah dipercaya:

  • sudo apt update

Lalu, instal Webmin:

  • sudo apt install webmin

Setelah instalasi selesai, Anda akan disajikan dengan keluaran berikut:

Output
. . . Webmin install complete. You can now login to https://your_server:10000 as root with your root password, or as any user who can use sudo.

Catatan: Jika Anda telah menginstal dan mengaktifkan ufw selama langkah prasyarat, Anda akan perlu menjalankan perintah berikut untuk mengizinkan Webmin melewati firewall:

  • sudo ufw allow 10000

Untuk keamanan ekstra, Anda mungkin ingin mengonfigurasi firewall Anda untuk mengizinkan akses ke porta ini dari kisaran IP tertentu.

Mari kita amankan akses ke Webmin dengan menambahkan sertifikat yang valid.

Langkah 2 — Menambahkan Sertifikat yang Valid dengan Let’s Encrypt

Webmin memang sudah dikonfigurasi untuk menggunakan HTTPS, tetapi Webmin menggunakan sertifikat yang tidak tepercaya dan ditandatangani sendiri. Mari kita menggantinya dengan sertifikat yang valid dari Let’s Encrypt.

Bernavigasilah ke https://your_domain:10000 pada peramban web Anda, ganti your_domain dengan nama domain yang mengarah ke alamat IP server Anda.

Catatan: Saat log masuk untuk pertama kalinya, Anda akan melihat peringatan “SSL tidak valid”. Peringatan ini mungkin memiliki kalimat yang berbeda tergantung peramban Anda, tetapi alasan dari peringatan ini adalah bahwa server telah menghasilkan sertifikat yang ditandatangani sendiri. Izinkan pengecualian dan lanjutkan ke domain Anda sehingga Anda dapat mengganti sertifikat yang ditandatangani sendiri dengan sertifikat dari Let’s Encrypt.

Anda akan disajikan dengan layar log masuk. Masuk dengan pengguna non-root yang Anda ciptakan ketika memenuhi prasyarat untuk tutorial ini.

Setelah Anda log masuk, layar pertama yang Anda akan lihat adalah dasbor Webmin. Sebelum Anda dapat menerapkan sertifikat yang valid, Anda harus menyiapkan nama hos server. Carilah bidang System hostname dan klik tautan di sebelah kanan, seperti yang ditunjukkan dalam gambar berikut:

Gambar yang menunjukkan lokasi tautan pada dasbor Webmin

Ini akan membawa Anda ke laman Hostname and DNS Client. Temukan bidang Hostname, dan masukkan Nama Domain yang Sepenuhnya Memenuhi Syarat ke bidang tersebut. Kemudian, klik tombol Save di bagian bawah laman untuk menerapkan pengaturan.

Setelah Anda menyiapkan nama hos Anda, klik pada menu menurun Webmin di bilah navigasi sebelah kiri, lalu klik pada Webmin Configuration.

Dari laman Webmin Configuration, pilih SSL Encryption dari daftar ikon, lalu klik pada tab Let’s Encrypt. Anda akan melihat layar seperti gambar berikut:

Gambar yang menunjukkan tab Let's Encrypt dari bagian SSL Encryption

Pada laman ini, Anda akan memberi tahu Webmin cara memperoleh dan memperbarui sertifikat Anda. Sertifikat Let’s Encrypt kedaluwarsa setelah 3 bulan, tetapi Anda dapat menginstruksikan Webmin untuk secara otomatis mencoba memperbarui sertifikat Let’s Encrypt setiap bulan. Let’s Encrypt mencari berkas verifikasi pada server, sehingga kita akan mengonfigurasi Webmin untuk menempatkan berkas verifikasi di dalam folder /var/www/your_domain, yang merupakan folder yang digunakan oleh server web Apache yang telah Anda konfigurasikan sebelumnya dalam langkah prasyarat. Ikuti langkah-langkah ini untuk menyiapkan sertifikat Anda:

  1. Isi Hostnames for certificate dengan FQDN Anda.
  2. Untuk Website root directory for validation file, pilih tombol Other Directory dan masukkan root dokumen situs web Anda. Dengan asumsi Anda mengikuti tutorial prasyarat Apache, maka direktorinya adalah /var/www/your_domain.
  3. Untuk bagian Months between automatic renewal, batalkan pemilihan Only renew manually dengan mengetik 1 di dalam kotak input, dan pilih tombol radio di sebelah kiri dari kotak input.

Klik tombol Request Certificate. Setelah beberapa detik, Anda akan melihat layar konfirmasi.

Untuk menggunakan sertifikat baru, klik tombol Return to Webmin configuration pada layar konfirmasi. Dari laman itu, gulir ke bawah dan klik tombol Restart Webmin. Tunggu sekitar 30 detik, lalu muat ulang laman itu dan log masuk lagi. Peramban Anda kini seharusnya menunjukkan bahwa sertifikat itu valid.

Langkah 3 — Menggunakan Webmin

Anda kini telah menyiapkan instans yang berjalan dengan aman dari Webmin. Mari kita lihat cara menggunakannya.

Webmin memiliki banyak modul berbeda yang dapat mengontrol segalanya, mulai dari dari Server DNS BIND hingga menambahkan pengguna ke sistem. Mari kita lihat cara menciptakan pengguna baru, lalu kita jelajahi cara memperbarui paket sistem Anda menggunakan Webmin.

Mengelola Pengguna dan Grup

Mari kita jelajahi cara mengelola pengguna dan grup di server Anda.

Pertama-tama, klik menu menurun System di bilah sisi kiri, lalu klik tautan untuk Users and Groups. Dari sini, Anda dapat menambahkan serta mengelola pengguna dan grup.

Mari kita ciptakan pengguna baru bernama deploy, yang dapat Anda gunakan untuk menjadi hos dari aplikasi web. Ketika menciptakan pengguna, Anda dapat mengatur opsi untuk kedaluwarsa kata sandi, shell pengguna, dan apakah mereka mendapatkan direktori rumah.

Untuk menambahkan pengguna, klik Create a new user, yang terletak di atas tabel pengguna. Ini menampilkan layar Create User, untuk memasukkan nama pengguna, kata sandi, grup, dan opsi lainnya. Ikuti instruksi ini untuk menciptakan pengguna:

  1. Masukkan Username dengan deploy.
  2. Pilih Automatic untuk User ID.
  3. Isi Real Name dengan nama deskriptif seperti Deployment user.
  4. Untuk Home Directory, pilih Automatic.
  5. Untuk Shell, pilih /bin/bash dari daftar menurun.
  6. Untuk Password, pilih Normal Password dan ketik kata sandi pilihan Anda.
  7. Loncatlah ke Primary Group dan pilih New group with same name as user.
  8. Untuk Secondary Group, pilih sudo dari daftar All groups. Ini seharusnya secara otomatis ditambahkan ke daftar In groups, tetapi jika tidak, tekan tombol -> untuk menambahkan itu.

Setelah membuat pilihan itu, tekan Create. Ini akan menciptakan pengguna deploy secara singkat.

Selanjutnya, mari kita lihat cara menginstal pembaruan ke sistem kita.

Memperbarui Paket

Webmin memungkinkan Anda untuk memperbarui semua paket Anda melalui antarmuka penggunanya. Untuk memperbarui semua paket Anda, pertama-tama, klik tombol Dashboard di atas bilah sisi kiri, lalu temukan bidang Package updates. Jika ada pembaruan yang tersedia, Anda akan melihat tautan yang menyatakan jumlah pembaruan yang tersedia.

Klik tautan ini, lalu tekan Update selected packages untuk memulai pembaruan. Anda mungkin akan diminta untuk melakukan boot ulang server, yang juga Anda dapat lakukan melalui antarmuka Webmin.

Kesimpulan

Anda kini memiliki instans yang berjalan dengan aman dari Webmin dan Anda telah menggunakan antarmuka untuk menciptakan pengguna dan memperbarui paket. Webmin memberi Anda akses ke banyak hal yang biasanya Anda perlu akses melalui konsol, dan Webmin mengonfigurasinya dengan cara yang intuitif. Sebagai contoh, jika Anda memiliki Apache yang terinstal, Anda akan menemukan tab konfigurasi untuk Apache di dalam Servers, lalu Apache.

Jelajahi antarmukanya, atau baca wiki Webmin Resmi untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengelola sistem Anda dengan Webmin.

Creative Commons License